Rabu, 07 Maret 2012

Rusume Artikel"Sistem Informasi Akuntansi"


Tugas Aplikasi Teknologi Komputer
Nama:Rahmawaty
NIM: 1115111112
Kelas:B (Akuntansi S1)
                                               Sistem Informasi Akuntansi
Oleh: Anne Ahira.com Content Team
     Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengkisifikasi, mengolah, menganalisis dan mengkomunikasikan informasi financial dan pengambilan keputusanyang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sisitem informasi.
Kerakteristik SIA yang membedakan dengan subsistem CBSI lainya:
·         SIA melaksanakan tugas yang diperlukan
·         Berpegangan pada prosedur yang relative standar
·         Menangani data rinci
·         Berfokus historis
·         Menyediakan informasi pemecahan minimal                                                                                           
Fungsi penting yang dibentuk Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah organisasi antara lain :
·         Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
·         Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan .
·         Melakukan control secara  tepat terhadap asset organisasi.
Subsistem Sistem Informasi Akuntansi memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi non keuangan yang secara langsug memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.
Sistem pemrosesan  akuntansi terdiri dari 3 subsistem:
·         Sistem pemrosesan transaksi, medukung proses operasi bisnis harian.
·         Sistenm buku besar/pelaporan keuangan, menghasilkan laporan laba/rugi, neraca, arus kas, Pengembalian pajak.
·         Sistem pelaporan manajemen.
Sebuah Sistem Informasi Akuntansi menambah nilai secara :
·         Menyediakan informasi yang akurat da tepat waktu sehingga dapat melakukan aktifitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
·         Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan.
·         Meningkatkan efisiensi.
·         Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.
·         Meningkatkan Sharing Kwnoledge.
·         Menambah efisien kerja pada bagian keuangan.
2 aspek yang berhubungan dengan system bisnis modern yaitu:
·         Pentingnya komunikasi antar departemen yang mengarah untuk tercapainya suatu keputusan.
·         Peranan SIA dalam menghasilkan informasi yang dapat membantu departemen lainya untuk mengambil keputusan.

Informasi Akuntansi yang dihasilkan oleh system informasi akuntansi dibedakan menjadi 2, yaitu:
·         Informasi keuangan , berbentuk laporan keuangan yang ditunjukan kepada pihak ekstern.
·         Informasi Akuntansi manajemen , berguna bagi manajemen dalam pengambilan keputusan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar